Friday 13 January 2017

Bukan jabatan yang membesarkanmu tapi karyalah membesarkanmu


Bukan Jabatan Yang Membesarkanmu Tapi Karyalah Yang Membesarkanmu

     Banyak kata kata yang di ucapkan para de founding father yang mampu merubah dan memberi semangat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, oleh karena itu kata kata atau yang sering di kenal Qoutes tersebut mempunyai makna penting bagi pengucap kata kata dan pendengar kata kata tersebut.
     Di sini penulis ingin menjabarkan kata kata yang di buat oleh penulis agar paham arti dari kata kata tersebut. "Bukan jabatan yang membesarkanmu tapi karyalah yang membesarkanmu".
Masyarakat di indonesia banyak yang menginginkan suatu jabatan sehingga mendapatkan kedudukan atau posisi terbaik dalam organisasi profit maupun non profit.
     Menurut Gibson dkk, jabatan Ialah sekumpulan pekerjaan yang berisi tugas-tugas yang sama atau berhubungan satu dengan yang lain, dan yang pelaksanaannya meminta kecakapan, pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang juga sama meskipun tersebar di berbagai tempat.
     Dalam birokrasi pemerintah dikenal jabatan karier, yakni jabatan dalam lingkungan birokrasi yang hanya dapat diduduki oleh PNS. Jabatan karier dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:
     1. Jabatan Struktural , yaitu jabatan yang secara tegas ada dalam struktur organisasi. Kedudukan jabatan struktural bertingkat-tingkat dari tingkat yang terendah (eselon IV/b) hingga yang tertinggi (eselon I/a). Contoh jabatan struktural di PNS Pusat adalah: Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal, Kepala Biro, dan Staf Ahli. Sedangkan contoh jabatan struktural di PNS Daerah adalah: sekretaris daerah, kepala dinas/badan/kantor, kepala bagian, kepala bidang, kepala seksi, camat, sekretaris camat, lurah, dan sekretaris lurah.
     2. Jabatan Fungsional , yaitu jabatan teknis yang tidak tercantum dalam struktur organisasi, tetapi dari sudut pandang fungsinya sangat diperlukan dalam pelaksansaan tugas-tugas pokok organisasi, misalnya: auditor (Jabatan Fungsional Auditor atau JFA), guru, dosen, dokter, perawat, bidan, apoteker, peneliti, perencana, pranata komputer, statistisi, pranata laboratorium pendidikan, dan penguji kendaraan bermotor.
Definisi karya menurut KBBI 
1 pekerjaan; 2 hasil perbuatan; buatan; ciptaan (terutama hasil karangan): novel Belenggu merupakan -- terkenal Armijn Pane;
-- asli 1 hasil ciptaan yang bukan saduran, salinan, atau terjemahan; 2 hasil ciptaan yang bukan tiruan;
-- cetak segala sesuatu yang dicetak;
-- rekam hasil pekerjaan merekam suara (misalnya musik), tuturan, cerita, dan sebagainya;
-- sastra hasil sastra, baik berupa puisi, prosa, maupun lakon;
-- seni ciptaan yang dapat menimbulkan rasa indah bagi orang yang melihat, mendengar, atau merasakannya; 
     Dari definisi di atas sudah di jelaskan apa itu jabatan dan karya untuk itu penting sekali sebuah karya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
     Sejarah indonesia pun tak luput dari sebuah karya-karya pahlawan yang di dedisikan untuk negara indonesia berupa lagu nasional maupun karya yang paling berharga buat negri tercinta yaitu pancasila.
     Dari kata bukan jabatan yang membesarkanmu tapi karyalah yang membesarkanmu penulis pun ingat sekali bung karno dan bung hatta maupun pahlawan yang lain tak akan di ingat oleh masyarakat indonesia sampai sekarang ini karena mereka sudah berjuang demi kemerdekaan negara kesatuan republik indonesia ini bagi penulis itulah karya terbesar para pahlawan mengusir penjajah dari negara kita ini.
     Banyak sekali karya karya yang mampu mengingatkan kita terhadap si pembuat karya tersebut sehingga sangatlah penting bagi kita sebuah karya tersebut, jabatan tak akan bisa mengenang orang yang telah menduduki jabatan tersebut tanpa karyanya, namun karya tanpa jabatan akan bisa mengenang orang yang telah memiliki karya.
     Lebih kuat lagi ketika menduduki sebuah jabatan dan membuat karya dari jabatan tersebut sehingga jabatan dan karya akan kuat dan dapat dinikmati oleh banyak orang, penulis mengajak para pembaca untuk terus membuat karya untuk negri tercinta agar karya tersebut bermanfaat bagi penikmat karya tersebut.


0 comments:

Post a Comment